Sabtu, 10 Februari 2018

Mengurus Visa Schengen (Belanda) via VFS Surabaya

Visa selalu jadi momok tersendiri bagi saya ketika akan bepergian ke Luar Negeri, meski sudah beberapa kali mengurus visa dan berhasil mendapatkannya. Termasuk Visa Schengen. Sebelum mengurus visa ini terlebih dahulu blog walking untuk melihat pengalaman orang-orang dan tentu saja makin mules dan deg-degan karena beberapa bahkan ada yang ditolak. Tapi tetap saja PeDe untuk mengurus sendiri tanpa bantuan Travel Agent. Berikut ini pengalaman saya mengurus Visa Schengen (Belanda) melalui VFS Surabaya yang ternyata sangat mudah.

Dokumen yang saya siapkan antara lain :
  1. Application form : untuk formulir aplikasi bisa diunduh disini
  2. Tiket Pesawat : Tiket sebenarnya tidak diminta yang confirmed ticket melainkan yang masih status booking pun diperbolehkan. Tapi karena saya mendapatkan tiket promo, status tiket yang saya lampirkansudah confirmed.
  3. Itinerary selama di Eropa : Itinerary hanya mencakup kota yang dikunjungi berikut dengan pembagian hari dan nama hotel. Untuk pembagian harinya harus lebih banyak di Belanda atau entry pertama di wilayah Schengen melalui Belanda.
  4. Bukti Bookingan hotel : Hotel sy booking via booking.com pilih yang free cancelation fee untuk jaga-jaga jika visa ditolak.
  5. Bukti keuangan : berupa rekening koran 3 bulan terakhir dan referensi bank.
  6. Surat Keterangan kerja : Surat ini menerangkan bahwa saya karyawan dan diijinkan untuk cuti pada tanggal perjalanan tersebut.
  7. Fotocopy paspor lama dan paspor yang masih berlaku : fotocopy bagian identitas depan belakang berikut dengan seluruh halaman yang terdapat stempel negara yang telah dikunjungi dan stiker visa yang pernah diperoleh.
  8. Pas foto background putih ukuran 3,5 x 4,5 cm. untuk foto jangan ditempel di formulir karena nantinya oleh petugas akan dilepas juga.
  9. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga : KTP dan KK ini jangan lupa untuk di translate dalam bahasa inggris. 
    KTP translate
    Kartu Keluarga translate
  10. Asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan saya seperti biasa menggunakan travel safe dari ACA dengan membayar sekitar Rp 550rb untuk asuransi selama 17 hari perjalanan. Asuransi perjalanan yang dilampirkan hanyak berupa copy nya saja
  11. Appointment Letter dengan VFS Surabaya. untuk mengajukan aplikasi visa ini terlebih dahulu harus bikin appointment disini. Appointment baru akan confirmed kalau kita sudah membayar biaya admin sebesar Rp 395.500.
Setelah semua dokumen lengkap, kemudian datang ke VFS Surabaya di Graha Pena sesuai dengan tanggal dan jam yang tertera di appointment letter. Saya tiba 15 menit lebih awal, dan karena sedang tidak ada orang lain yang apply langsung saya dipersilahkan masuk. 
Dokumen saya diperiksa satu persatu dan ditanya apakah dalam pengisian formulir dibantu oleh travel agent atau tidak, Itu saja yang ditanyakan. Kemudian setelah dinilai lengkap, membayar biaya visa senilai 60 Euro atau senilai Rp 950rb ditambah 20rb jika ingin menambah layanan sms pemberitahuan status visa. setelah dinilai lengkap kemudian masuk ke ruangan untuk pengambilan sidik jari.
Petugas menginfokan bahwa pengurusan visa memakan waktu 15 hari kerja, tapi ternyata 8 hari kerja saya sudah mendapat email pemberitahuan bahwa passport saya ready for collection.
Dan Alhamdulillah....Visa Approved. Deg-degan selanjutnya adalah berdoa sekencang mungkin supaya cuti saya bisa diapprove...aamiin.

2 komentar:

  1. Halo! untuk translate KTP dan KK apakah bisa di translate sendiri ato harus pake lembaga translator khusus?? terima kasih

    BalasHapus
  2. Dude.. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. Its amazing how interesting it is for me to visit you very often. -nzeta

    BalasHapus