Sabtu, 03 Desember 2011

Traveling 3 Hari di Hong kong

Hong Kong
Hong Kong termasuk kota yg besar...tidak cukup sebenarnya berkeliling hanya 3 hari...tapi yahhh mau gimana lagi...selama masih jadi karyawan pasti ga bisa bebas untuk minta cuti terlalu lama.....traveling kali ini cuma dapat jatah 5 hari, 2 hari di Macau dan sisanya di Hong Kong. Selama di Hong Kong, berikut ini tempat-tempat yang saya kunjungi ..




  • Victoria Harbour  -->  merupakan pelabuhan yang letaknya dekat dengan daerah tsim sha tsui daerah tempat saya menginap. Dari penginapan di Mirador Mansion jalan kaki sekitar 5-10 menit saja sudah sampai. Selain datang untuk menyebrang, banyak yang datang hanya untuk sekedar nongkrong.
Victoria Harbour

  • Avenue of the Stars  --> Suatu jalanan di Victoria Harbor yang dihiasi cetakan tangan dari para artis terkenal terutama artis Cina, disini juga terdapat patung Bruce Lee.
Jackie Chan Handprint
         
  • Symphony of Lights : permainan lampu laser dari pinggir Victoria Harbor yang di pantulkan ke gedung-gedung di seberang pulau yang dimainkan setiap hari tepat pukul 8 malam. Tidak ada yang istimewa dari pertunjukan ini. Sangat jauh dari ekspektasi awal, rasanya menyesal sudah menunggu dari jam 6 sore  dan mencari spot oke demi menonton ini ternyata biasa banget.
Symphony of Lights

  • Ladies Market : berada di Tung Choi Street bisa dijangkau MTR Mongkok Station, pasar ini buka mulai sore hingga tengah malam dan semakin malam semakin ramai. Berbagai macam produk yang dijual di Ladies Market mulai dari pakaian, tas, kebutuhan rumah tangga, pernak pernik lucu dan masih banyak lainnnya. Saya sebenarnya merasa kurang nyaman berbelanja disini, beberapa penjual yang saya temui agak sinis agak kurang melayani jika kita terlihat kurang serius membeli ada juga penjual yang memaki-maki saya karena tidak jadi membeli atau karena menawar terlalu rendah. Tapi ada juga penjual yang super ramah dan helpful kok.
Ramainy Mongkok Malam hari

  • Ngong Ping Village / Giant Buddha : Untuk mencapai lokasi ini, naik MTR menuju Tung Chung station kemudian berjalan keluar menuju Citygate Outlets, tepat di sebelah Citygate Outlets terdapat halte bis yang langsung menuju Ngong ping. Sebenarnya bisa juga naik cable car, tapi karena baru buka jam 10 pagi, dan saya sudah sampai dsitu skitar jam 9, petugas menyarankan saya untuk lebih baik beli paket transport ke Ngong Ping seharga HKD 98 dengan Bis untuk berangkat dan kembali dari Ngong Ping menggunakan cable car. Pilihan saya untuk naik bis tidak salah, karena selama kurang lebih 45 menit melewati jalanan yang berkelok kelok kita disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang hijau. Sesampai disana, perut terasa keroncongan mulailah saya cari tempat makan yang jual makanan halal. Disini terdapat 2 tempat yang menjual makanan halal, yang pertama resto Ebenezers Kebab yang letaknya di areng Ngong Ping village arah cable car station, dan yang satu lagi adalah semacam kantin yang menjual makanan khusus vegetarian yang terletak dekat dengan Po Lin Monastery. Dan saya lebih memilih makanan vegetarian, menu sarapan saya adalah semacam bihun goreng dengan beberapa side dish spring roll dan pudding. Setelah kenyang, lanjut berkeliling dan foto-foto diantara patung2 yang berjajar (Bodhi Path), dan jika punya energi lebih bisa lanjut menaiki 268 anak tangga untuk melihat Giant Budha dari dekat. Setelah puas berfoto saya kembali ke area MTR Tung Chung station dengan menggunakan cable car. Perjalanan menggunakan cable car ini memakan waktu 25 menit. 
Ngong Ping
Vegetarian cafe @Ngong Ping


  • Citygate Outlets : Mall ini berisi outlet-outlet dari beberapa merk ternama dengan harga yang jauh lebih murah seperti, Benetton, Giordano, Bodyshop, Crocs, dan lain-lain. Sempat kalap juga saya berbelanja di Body Shop, bayangkan tint cheek color dan lipstik hanya seharga HKD 49, beberapa varian eau de toilette juga dijual dengan harga sangat murah. Tapi anda jangan berharap seluruh varian body shop yang dijual di luaran juga terdapat disini, karena kalau diperhatikan produk-produk yang dijual disini dengan harga super  murah adalah produk-produk lama yang mungkin tidak laku di pasaran. Disini saya masih bisa menemukan parfum jenis Oceanus yang kalau di gerai Body Shop lainnya pasti dibilang sudah tidak diproduksi lagi. Sempat juga saya mampir ke outlet Crocs, namun modelnya jelek-jelek dan malah terlihat seperti palsu jadi saya harus puas hanya membeli beberapa item di Body Shop dan Giordano
Citygate Outlets

  • Disneyland : Cara mencapai Disneyland adalah dengan naik MTR ke Sunny Bay Station kemudian berganti ke MTR yang khusus menuju Disneyland. Saya beli tiket masuk di Cosmic Guest House, tempat saya menginap seharga HKD 320. Jika dibandingkan dengan Universal Studios di Singapore, permainan-permainan disini lebih cocok buat anak-anak. Tapi cukup menyenangkan juga menikmati berbagai tontonan 4 D disini tapi sayangnya saya tidak sempat nonton Golden Mickey yang konon salah satu atraksi yang populer disitu. Saran saya, antrilah sekitar 30 menit sebelum show dimulai, karena ketika saya datang 15 menit sebelum show dimulai, petugas sudah membubarkan antrian karena sudah penuh dan itu adalah last show :'(. Oya..bagi yang muslim dan bingung cari tempat solat, bisa ijin ke petugas di loket depan untuk numpang solat di salah satu ruang kosong yang letaknya di bagian depan setelah pintu masuk yaitu City Hall.
Disneyland Hong Kong

  • Hui Lau Shan : Setelah capek seharian jalan-jalan sekitar jam 9 malam, berdasarkan referensi dari blog yang saya baca, di area tsim tsa shui  terdapat kedai yang menjual berbagai macam minuman dan pudding mangga...saya sempat memesan beberapa jenis minuman mangga..rasanya segerrr banget.

  • The Peak : The Peak terletak di kawasan Central, dari stasiun MTR Central, jalan kaki menuju Peak tram station. Jarak antara MTR central ke tempat tersebut lumayan bikin kaki pegel karena jalanannya yang menanjak. Dari Peak tram station saya membeli return ticket tram seharga HKD 40. Di pemberhentian terakhir dari tram ini langsung terhubung masuk dengan Mall. Saya kurang beruntung, karena pada saat kesitu sedang hujan lebat jadi kurang bisa dan berkabut sehingga kurang bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian.
Peak Tram
View from the Peak

  • Madame Tussaud : Museum patung lilin ini terletak di dalam the peak. Mulai dari artis macanegara sampai tokoh penting dunia dibuat dalam bentuk patung lilin. museum ini terbagi dalam 2 lantai. Kita bisa bebas berfoto sekaligus berpenampilan seperti patung karena disediakan kostum dan aksesori khas tokoh tersebut sehingga kita bisa berpose layaknya Lady Gaga misalnya...atau Albert Einstein


Satu hal lagi yang saya suka dari Hong Kong, adalah airportnya. Hong Kong International Airport atau yang biasa dikenal dengan nama Chek Lap Kok Airport adalah World's best airport 2011. Saya belum pernah melihat airport seluas ini dengan total 70 boarding gate yang juga terdapat mall di dalamnya, dijamin ga bakal mati gaya jika pesawat anda delay. Saya sendiri berbelanja di toko disney dengan harga yang sepertinya lebih murah daripada di Disneylandnya sendiri, dengan total HKD 225 saya bisa berbelanja jaket, 3 kaos, dan mug berbentuk kaki mickey. Bagi muslim, terdapat Popeyes Chicken di area foodcourt yang sudah memiliki sertifikat halal dari moeslem board dan untuk sholat terdapat 3 prayer room yang letaknya tersebar. Pesawat yang akan saya tumpangi delay kurang lebih 4 jam, tapi sama sekali tidak terasa bosan menunggu diisi dengan sedikit shopping, makan dan tidur di bangku yang cukup nyaman. ^^
    Chek Lap Kok Airport





    Prayer room @ Hong Kong Airport


    7 komentar:

    1. Mbak Mili, salam kenal. Sy berencana backpacking-an sm tmn2 ke Hongkong dan Macau. Dl, wkt di Hongkong, nginep dmn mbak? Makasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. hai..salam kenal juga...di Hongkong waktu itu sy nginep di Mirador Mansion, Cosmic guesthouse.bisa dibaca postingan sy tentang menginap dsitu di bulan Januari 2012.

        Hapus
    2. Maaf, tanya lagi tentang toilet. Apakah di bandara ini ada toilet jongkok dan semprotan air seperti halnya di Changi?

      BalasHapus
      Balasan
      1. sepertinya toilet duduk. ada semprotan air jg

        Hapus
    3. halo mau tanya dari airport ada MRT langsung gak ke downtown nya??? n' sebaliknya... thanks

      BalasHapus
    4. Asking questions are genuinely good thing if you are not
      understanding something fully, but this post offers pleasant understanding yet.


      My web page; agoda reviews

      BalasHapus
    5. Artikel tentang Macau nya bagus. Ikutan lomba blog "Why Macau" yuk. Re - publish aja artikel ini. Hadiahnya jalan-jalan ke Macau dan iPhone 5c GRATIS!
      Yuk ikutan lomba blog 'Why Macau' di sini http://bit.ly/WhyMacau
      Submit sebelum 30 September 2014!

      BalasHapus