Kamis, 11 Oktober 2012

Nggak Susah Makan Halal di Bangkok

Thai Ice Tea
Menurut saya, gak ada yang susah untuk dilakukan asal ada niat dan kemauan. Begitu juga dengan makan makanan halal selama traveling di luar negeri. Saya pribadi punya pendapat, selama masih di wilayah asia tenggara kita masih bisa menyantap makanan yang benar-benar halal. Kuncinya cuma satu, cuma mengandalkan the power of google, just like wisemen says "Knowledge is power". Jadi ya banyak-banyaklah googling tentang makanan halal di negara yang dituju. Ini merupakan kali kedua saya traveling ke Bangkok, pertama kali kesana saya masih newbie di bidang traveling masih bego-begonya jadi belum punya banyak referensi untuk makanan halal selama disana.

Warga muslim di Bangkok banyak bermukim di area Petchaburi, so the best way to find halal food ya disini. Disini juga terdapat masjid yang lumayan besar yaitu Masjid Darul Aman. Petchaburi soi 7 adalah dimana letak kedai-kedai halal tersebut berada, mulai masakan khas melayu sampai masakan khas thailand bisa ditemukan disini.  Untuk mencapai Petchaburi Soi 7, cukup naik BTS turun di station Ratchatewi dan keluar melalui exit 3 dan jalan lurus sekitar 100 meter sampai lampu merah, setelah menyeberang kemudian belok kiri. Selama 3 hari di Bangkok saya sempat mencoba 2 kedai diantaranya dan beberapa resto halal lainnya yang ada di Bangkok :

  • Cibugatanjong : Petchaburi Soi 7 setelah pukul 9 malam sangat sepi dan gelap. Pertama kali menyusuri jalanan Soi 7 saya sempet jiper juga saking gelapnya dan ragu apa benar masih ada kedai yang buka. Ternyata masih ada yang buka. Pemilik kedai ini adalah sepasang suami istri keturunan melayu, mereka memiliki 2 kedai di Soi 7 ini, yang satunya adalah Makyah restaurant yang letaknya tidak jauh dari situ, beda dari 2 tempat ini adalah Cibugatanjong menyediakan masakan melayu sedangkan Makyah selain masakan melayu juga menyediakan Masakan khas Thailand. Cibugatanjong buka hingga tengah malam, menu yang disajikan antara lain kari daging, kari ayam, dan nasi campur. Malam itu saya memesan seporsi nasi kari ayam dan martabak untuk minumnya tentunya saya memesan thai ice tea. Rasa dari nasi kari ayam yang saya pesan mirip sekali dengan nasi padang, kari ayamnya sendiri sudah terasa pedas tapi terdapat sambal di pinggiran piring yang tidak saya sentuh karena uda gak tahan pedasnya. Untuk makanan yang saya pesan saya membayar THB 150 , harga yang wajar untuk makan malam yang enak dan mengenyangkan.
Name card
Nasi Kari ayam + thai ice tea
Martabak

  • Saman islamic restaurant : Saman letaknya tepat ditengah Chatuchak weekend market tepat disamping Tugu jam besar. Waktu itu saya dan teman saya memesan seporsi tomyam soup dan kwetiauw goreng. Untuk tomyam menurut saya rasanya standar, saya lebih memilih kwetiauw goreng yang menurut saya rasanya lebih maknyuss. Untuk seporsi kwetiauw dan Thai ice tea sy membayar THB 180

Tom yam soup ala Saman Rest.

Fried Kwetiauw
  • Yana restaurant : resto ini letaknya di pusat perbelanjaan MBK lantai 5 dekat dengan foodcourt. Menu yang disajikan kebanyakan khas thailand. Harga makanan di resto ini agak mahal tidak sesuai dengan rasanya. Saya pesan pad thai yang berupa mie goreng khas thailand. Pad thai yang di resto ini tampilannya sedikit berbeda dengan yang sering saya liat di penjual pad thai pinggir jalan yang berwarna coklat menggiurkan seperti mie goreng pada umumnya sedangkan di resto ini warnanya agak gak jelas, seperti kurang bumbu kalo dari segi rasa. Untuk  seporsi pad thai dan spring roll saya membayar THB 209.
Nasi goreng + pad thai ala yana rest.
  • Sultana Thai Muslim : Saya mencoba makan disini ketika trip yang pertama kali ke Bangkok di tahun 2009. Letaknya di dalam foodcourt MBK lantai 5. Menu yang di sajikan tidak banyak, campuran antara masakan arab dan thailand. Harga dan rasa menurut standar tapi masi lebih cocok di lidah saya daripada masakan di Yana restaurant.
  • Makyah restaurant : Diantara semua tempat makan yang menyajikan makanan halal menurut saya ini juaranya, dari rasa, harga, tempat smuanya oke. Terletak di Petchaburi Soi 7, menu yang saya dan kakak sy pesan adalah nasi + tomyam soup dan fish fritter tak lupa untuk minumnya tetep thai ice tea. Rasa tom yam soupnya enak, asem dan pedas, sedangkan fish fritter yang berupa ikan tanpa duri digoreng dengan tepung juga pas. Saya juga sempat mencicipi pad thai, dan kali ini rasanya enak, ada sedikit ada rasa asam dan manis. Gak salah kalau beberapa blog yang saya baca sangat merekomendasikan tempat ini. Total yang saya bayar untuk pesanan saya dan kakak saya adalah THB 352, memang agak mahal tapi percaya deh it's worth it..
Fried rice ala Makyah

Pad thai^^

Super spicy Tomyam soup

Fish Fritter
 Makyah rest

Kalo lagi ga pengen makan berat atau lagi ngirit bisa, ada beberapa merk snack dan mie cup di seven eleven atau family mart yang sudah memiliki label halal.

Snack fried nori (japaneese  seaweed) + mie cup with Halal certified @sevel


Untuk urusan sholat, selain Suvarnabhumi airport dan Masjid Darul Aman di Petchaburi, terdapat mushola (prayer room) di perbelanjaan antara lain di chatuchak market, MBK (dekat tempat parkir lantai 6) dan Siam Paragon.

Ps. when the willingness is great, the difficulties can't be great -- Niccolo Machiavelli

5 komentar:

  1. tx infonya ^o^ kebetulan saya mw ksana...jd ada referensi tmpat mkn de ;)

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya ya, kebetulan saya mau kesana & lagi ngumpulin referensi makanan halal :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Kami beserta rombongan akan pemotretan di Bangkok September nanti. Mngkin juga akan mampir ke Chatucak untuk beli souvenir. Artikel ini benar-benar membantu. Kami tak perlu khawatir lagi soal makanan halal. Pilihan makanan yang beragam yang disebutkan di atas juga bisa jadi pilihan selama kami di sana, apalgi kan memang banyak orang, jd pengennya pasti beda-beda.

    BalasHapus
  4. Tks infonya, sangat bermanfaat, saya mau kesana tgl 25 des 2013 jd lagi ngumpulin info ttg makanan halal dan tempat sholat, kebetulan sy booking hotel di Asia Hotel..tks..:)

    BalasHapus