Sabtu, 21 April 2012

Long weekend part 1 ~ Tanjung Bira

Tanjung Bira
Kenapa Tanjung Bira, bukan Bunaken di Menado ato yang deket dulu deh ama pulau Jawa yaitu Karimun Jawa.  Ini berawal dari promo tiket Citilink yg sy beli bulan November 2011...harganya cuma Rp 79.000 oneway ke semua rute Citilink. Karena kakak belum pernah melihat pulau lain selain pulau Jawa, Madura, en Bali (kesian yahh..heee) jadilah qt booking untuk rute Surabaya-Makassar PP. Total yg kita bayar cm Rp 316rb utk PP 2 orang dan tanggalnya paasss banget ama long weekend. Nah berhubung sy sndiri sudah beberapa kali ke Makassar jd uda agak bosen juga kalo cuma keliling kotanya aja, jadilah browsing2 tempat yg oke untuk dikunjungi di luar kota Makassar......dari beberapa kali blogwalking, sy baca Tanjung Bira sptinya tempat yg pas bt liburan, lagipula jujur sy belum pernah wisata pantai, snorkling dan kawan2nya belum pernah coba (ini lebih katrok lg yahh). Akhirnya kami memutuskan untuk 2 hari traveling ke Tanjung Bira dan 1 hari sisanya muter2 di kota Makassar

Tana Beru
Letak Pantai Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba sekitar 200 km dari kota Makassar sekitar 5-6 jam perjalanan yang bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum dari terminal Malangkeri yang berupa mobil kijang dan sejenisnya seharga Rp 50.000 per orang dan satu mobil isinya 10 orang (silahkan dibayangkan gimana empet2annyya), tapi kebanyakan angkutan tersebut cm sampai Bulukumba dan dari Bulukumba harus lanjut menggunakan pete-pete (angkot) menuju pantai tanjung bira yg memakan waktu kurang lebih 1 jam. Kondisi jalan dari Makassar-Tanjung Bira banyak yang rusak parah, itu yang membuat mobil harus berjalan pelan dan jadinya ga sampe-sampe.
Kami berempat (saya, kakak, dan 2 teman) lebih memilih untuk carter mobil yang langsung jemput di Bandara seharga Rp 500.000 one way (kalo ga minta jemput di bandara bisa lebih murah). Enaknya dari rental mobil adalah, kami bisa minta pak supir berhenti sebentar untuk melihat-lihat pusat pembuatan perahu Phinisi di daerah tana beru.

Untuk  penginapan, kami menginap di Nusa Bira Indah dengan published rate Rp 375.000 (tapi kami dapet diskon waktu itu hee..). Penginapan ini konsepnya seperti cottage gitu, kamarnya bersih banget, ada tv lcd, kamar mandinya jg bersih banget. Pemiliknya ramah, baek, helpful, sampe2 qt dianterin en ditemenin ama salah satu ponakan dari yang punya hotel ke resto yg bentuknya kayak perahu gitu, hanya karena qt gak tau pintu masuknya lewat mana :D

Day 1
Kami sampai di Tanjung Bira skitar pukul 4 sore setelah 6 jam perjalanan, abis mandi dan beberes langsung menuju pantai yang jaraknya deket banget, untuk sesi pemotretan (-__-). Benar ternyata apa yg saya baca di beberapa blog, pasirny putih dan halus dan masi bersih juga. Mondar mandir di pantai gak terasa uda sunset dan gelap, pantai mulai sepi hanya ada lampu-lampu yang asalnya ternyata dari  resto pinggir pantai yang berbentuk seperti kapal dan ternyata disitu juga ada penginapannya yaitu Anda beach hotel yang konon katanya mahal. Sebenernya di sekitar penginapan juga ada beberapa warung indomie atau semacam warteg gitu dan juga ada yang katanya cafe tempat bule2 ngumpul, tapi melihat bentuk dari resto yang kayak perahu kita jadi tertarik. Dari segi harga memang agak mahal siy, dan makanannya so so lahh...saran aja siy kalo mo ngirit en makanan dengan rasa yang standar asal kenyang, pesen aja nasi goreng trus minumnya teh, kalau kita pesen teh itu ternyata satu teko jadi bisa buat rame2 ^^. Ambience di resto ini terasa romantis...pas kalo dateng dan duduk2 sama pasangan beratapkan langit dengan bintang-bintang disertai angin sepoi2 (so sweet..sayangnya itu cuma khayalan sy *pukpuk). Kehidupan malam disini sebenarnya hampir tidak ada...sepi aja gitu, jadi begitu selesai makan kita langsung balik ke kamar dan molor.

Day 2
Sarapan
Niat awal siy bangun skitar jam 5 pagi dan jalan-jalan disekitar pantai buat dapetin sunrise, dan tentu saja itu cuma niat, saya kebangun jam 6 pagi dan begitu kluar kamar jam 6.30 uda terang benderang *misigagal. Kemarin kami sudah janjian ama si mas dari penginapan untuk arrange boat untuk menyeberang ke pulau Liukang Loe dan snorkeling di sekitar situ. Sewa boat seharga Rp 350.000 yang bisa diisi sampai 10 orang dan sewa alat snorkling Rp 25.000 . Setelah sarapan yang istilah kerennya pancake pisang, kami langsung berangkat. Pas mo naek boat si masnya nyaranin kita buat naek banana boat, biar seru katanya nyebrang pulau naek banana boat...dan memang bener...kalo biasanya naek banana boat cuma muter di pinggir pantai ini bisa sampe ke tengah itu sensasinya beda..seruuu ^^
Sampai di spot snorkling kita semua nyebur dengan alat snorkling sewaan...berhubung ini bener-bener pertama kalinya saya snorkling, jadi lumrah lah kalo saya salah masang alat snorkle yang ke mulut itu..heee.. dan hasilnya saya minum berliter2 air laut..dan sukses mencemari air laut dengan muntahan saya karena kebanyakan minur air laut...hihihii....tapi setelah terpasang dengan benar, saya baru bisa menikmati alam bawah lautnya, airnya jernih, pokoknya keliatan bagus lah...sayangnya qt berempat gak ada yg bawa kamera underwater..kelupaan. Setelah puas, snorkling kita mampir restoran keramba di pulau Liukang Loe, dsitu bisa berenang dengan penyu hanya dengan membayar 10rb saja. Kelar berenang dengan penyu, kembali ke penginapan, beres2, isi perut dengan makan bakso yg mangkal di penginapan, trus dijemput untuk kembali ke Makassar.

Berenang bersama penyu
Pulau Liukang Loe

Secara keseluruhan menurut saya Tanjung Bira adalah potensi wisata yang bagus cukup kurang dipoles dikit aja. Sepulang dari Tanjung Bira saya jadi makin pengen menjelajahi pantai dan alam bawah laut lain di Indonesia, mungkin selanjutnya yang deket dulu aja kali yah seperti Karimun Jawa atau Bali...terakhir saya ke Bali perpisahan jaman SMP...kesian yahh...hiks.

ps. "Do not look back and grieve over the past, for it is gone; and do not be troubled about the future, for it has yet to come. Live in the present, and make it so beautiful that it will be worth remembering” ~Ida Scott Taylor