Senin, 25 Oktober 2010

Weekend di Ho Chi Minh part 2

Day 2
tampak depan
Pagi jam 7.30 setelah sarapan qt uda siap d lobi guesthouse nunggu jemputan dr pihak tour agent  utk Cao Dai Temple + Chu Chi Tunnel (one day tour). dengan mempertimbangkan tidak adanya public trasportation utk kedua tempat tersebut qt book tour ini melalui pihak staff guesthouse, USD 7 /orang (ini hanya untuk biaya transportasi + english tour guide) belum termasuk entrance fee ke chu chi tunnel dan makan siang.



 Setelah menjemput tamu2 lain kesana kemari, kurang lebih jam 9 qt berangkat menuju Cao Dai Temple dengan Bus. di awal perjalanan..tour guide qt yg namanya Mr. Hai memperkenalkan diri sambil menceritakan sejarah singkat tentang Cao Dai Temple...jd temple ini merupakan tempat ibadah untuk penganut aliran Cao Dai..asal dari aliran  ini sendiri merupakan gabungan dari beberapa agama yaitu Budha, Kristen, trus palagi yah ??pokokny yg trakhir itu Islam.

Sebelum memulai perjalan ke Cao Dai temple yang terletak di luar kota Ho Chi Minh, kita diajak untuk mampir k salah satu Handicapped workshop, maksudnya handicapped workshop adalah tempat para penyandang cacat membuat kerajinan khas vietnam, tour guide-nya bilang siy itu tempat aslinya handicapped workshop dimana para tentara yang cacat krn perang diperkerjakan dsitu. kerajinan yang dijual dsini harganya mahal2 bangettttt fixed price pula ga bisa ditawar.Qt singgah di tempat ini hanya sekitar 15 menit.

Lama Perjalanan untuk sampai ke temple ini dr pusat kota Ho Chi Minh yaitu sekitar 2,5 jam. Dan setelah melalui perjalanan yg cukup panjang tepat jam 12 siang...ta daaa...akhirnya sampe juga ke cao dai temple.
tampak dalam

Menurut sy siy tidak ada yg terlalu spesial di tempat ini...tidak sesuai dengan ekspektasi awal sy. sy pikir tempat ini mirip dengan Grand Palace di Bangkok dimana dalam satu tempat terdapat banyak temple2 yg indah. Di Cao Dai temple ini hanya ada satu rumah ibadah, dimana didalamnya setiap hari sekitar jam 12 -12.30 siang para turis dperlihatkan secara langsung tata cara beribadah para pengikut Cao Dai.
                                                   
Setelah sekitar 20 menit berada di dalam temple, qt musti cepat2 keluar karena udah ditungguin ama guide-nya. dan ternyata diluar hujan sangattt lebattt disertai angin pula..alhasil, meskipun sy pake payung tetep aja basahhhhh. Dan ternyataaa..gak di jakarta, gak di vietnam tetep aja ketemunya banjir. banjirny lumayan tinggi...sekitar setinggi lutut. biuuhhh...
sebelum sampai di chu chi tunnel, tour guide ngajak qt buat makan siang dulu di salah satu kedai..harganya cukup murah sekita VND 25.000 utk sepiring vegetable fried rice.tentang rasa...hmm standar lahh
vegetable fried rice.pic

Setelah selesai makan siang, qt melanjutkan perjalanan menuju chu chi tunnel. jam operasional chu chi tunnel sndiri dari 8.00 a.m-5.00 pm. en qt sampe sana sekitar jam 4an waktu yg sangat sdikit utk mengeksplor tempat ini. Chu chi tunnel merupakan peninggalan jaman perang yg berupa terowongan sempit dan terdapat display senjata2 yang digunakan dan jg ada shooting area bagi para turis yang mau nyobain nembak. Ditempat ini juga ada ruangan dimana qt diputerin video tentang situasi perang dulu.


terowongan versi original.pic
terowongan yg bisa dmasuki turis.pic











   
selesai berkeliling di sekitar chuchi tunnel, selesailah tour hari itu dan qt dbawa kembali ke kota ho chi minh .begitu di-drop di depan kantor, sy langsung lanjut jalan ke benh tanh market yang hanya kurang lebih 5 menit jalan kaki dari situ. sbnrnya benh tanh market itu bukanya hanya pagi hingga sore hari. untuk malam harinya para penjual berjualan di sisi luar benh tanh market. ada satu penjual sandal semacam bakiak yg bermotif lucu2 yang hanya saya temui berjualan di malam hari, untuk barang-barang lainnya siy sama aja berjualan di dalam pasar siang hari.
sandal bakiak ala saigon.pic


capek berkeliling di pasar malam, sy memutuskan utk makan di salah satu warung seafood. Agak susah memang cari makanan halah. Resto halal hanya ada di kawasan muslim di sekitar dong du st. Tp yahh better than nothing, sy berusaha cari warung yang tidak menjual makanan yg dilarang gampangnya siy bilang aja k penjual kl sy adalah vegetarian. Dan hasilnya ini lah menu makan malam sy.
udang goreng tepung.pic
Sapa grilled fish.pic
 selesai makan sy uda brasa gak kuat jalan lagi, karena kekenyangan dan krepotan membawan hasil blanja :)
enough for today, continued to weekend di Ho Chi Minh part 3

2 komentar:

  1. pertama kalinya pake jas ujan trus jalan-jalan ditengah kota bawa kresek item gede (unbeliveble story ya miii) *rz

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe...luccu kalo diinget..disitulah letak keseruannya ^^

      Hapus