Kamis, 03 Maret 2011

Belanja pake Rupiah di Benh Tanh Market-Saigon

Benh Tanh market
Bisa gitu bayar pake rupiah di ho chi minh ? yapp..bisa...at least waktu saya kesana, ketemu dengan penjual di pasar Benh Tanh yang sangat gigih menawarkan dagangannya sampai rela saya bayar pake rupiah :D
Dalam traveling singkat selama 3 hari di Ho Chi Minh City, Vietnam saya sebenernya tidak ada  niatan untuk blanja. Maklum duit lagi cekak, super low budget ditambah lagi cm 3 hari jd saya pikir mana sempet dan ga perlu lah tuker uang banyak, USD 100 (VND 1.785.500) sudah lebih dari cukup lahh untuk akomodasi, makan en sdikit blanja. Tapi ternyata estimasi saya salah........

bakiak

Memang barang2 yang dijual di Benh Tanh Market -Saigon tidak se variatif dan lucu2 barang2 yang dijual di Chatuchak market dan Suan Lum night Bazaar (Bangkok). Tapi sudah cukup lucu untuk membuat sy pengen beli. Mulai dari kaos bergambar bendera vietnam, sandal bakiak bermotif lucu, berbagai macam tas dengan motif khas vietnam, gantungan kunci. Alhasil di hari trakhir sy di ho chi minh, uang sy ludes. hanya tersisa beberapa VND yang hanya cukup utk makan. Setelah berkeliling sesiangan di area Benh Tanh Market dengan menenteng beberapa barang belanjaan, sy menetapkan hati sy utk berhenti berbelanja walaupun dlm hati masi pengen...sambil menunggu teman sy yang sedang memilih2 gantungan kunci sebagai oleh2 di sebuah kios sy duduk di kursi yang disediakan oleh penjual. Mungkin karena ngeliat sy lg bengong terlihat mupeng dengan jualannya, teman penjual itu ngajak sy ngobrol en mulai lah dy menawarkan tas jualannya yang emang sdari tadi sy uda mupeng..

Sy dr awal sebenernya uda bilang "i don't have any money"...kemudian mbak2 penjual itu bilang kalo dy jg terima uang USD kalo sy  mo beli..dan lagi2 sy menjawab " i don't have Dong either USD, i don't have money"...dan masihhh lohh dy keukeuh menawarkan jualannya dengan bilang "Ok, pay me with Ringgit malaysia"...mungkin dy kira sy org malay kali yahh dengan muka asia sy..dan sy bilang "i'm not from Malaysia, i'm from Indonesia so i only have Rupiah"...dan setelah itu dy langsung bilang "Ok, just pay me with Rupiah" kemudian menyuruh sy memilih tas mana yang sy mo beli sambil menyuruh temannya untuk pergi ke money changer di area pasar yang sy sndiri gak tau letaknya dimana untuk menanyakan kurs. Temannya itu kemudian lari utk menanyakan kurs, dan gak berapa lama dy menelpon ke temannya yang jaga toko. Sy akhirnya memutuskan untuk membeli 2 tas kecil seharga VND 80.000. Setelah mbak penjaga toko menutup telpnya, dy ambil kalkulator kemudian mulai menghitung dengan kurs yang temannya informasikan...entah si money changer yang salah kasi kurs atau mbaknya yang kurang ngeh..dy nyodorin kalkulatornya k saya sambil bilang "you have to pay this amount for those 2 bags" sy langsung melongo,liat2an ama temen saya en ketawa. Nilai yang dy sodorin adalah Rp 5.000.
bayar pake rupiah ^^

Sy siy seneng2 aja kalo dsuruh bayar cm Rp 5.000 utk 2 tas yang lucu...langsung beli smua kali yahh..tp sy gak tega donk, dan bilang ke dy kalo kayaknya dy salah itung. Dan sy ngasi tau ke dy berapa nilai tukar uang rupiah ke dalam USD, dan minta dy itung lagi. Setelah dy confirm ulang lewat temennya by phone dan dy itung ulang akhirnya total yang harus sy bayar Rp 45.000. Kemudian dy ngejelasin kalo kursnya lebih tinggi karena mata uang rupiah di vietnam kurang dikenal..well, menurut sy harga yang dy kasi masih fair kok...sy kasih aja uang Rp 50.000 dan dy kasi uang kembalian dalam VND, dan sy langsung capcus sbelum ngabisin uang rupiah sy kl lama2 dsitu. Benar2 penjual yang gigih, batin sy... :)

2 komentar:

  1. kaget banget waktu denger lu belanja pake rupiah di sono ahahahah

    BalasHapus
  2. @seshi
    yappp..anehhh...gw ga berniat beli sbnernya tp mengingat dy gigih banget ngejualnya..luluh juga..heeee

    BalasHapus