Senin, 16 Desember 2013

Demi Visa Korea

Demi visa korea..iya demi. Kenapa demi ? karena untuk urus visa kali ini sepertinya saya benar-benar bela-belain mengurus ini-itu, 2x PP Surabaya-Jakarta hanya untuk mengurus visa. Sebenarnya saya sudah berniat untuk mengurus visa via travel agent yang ada di Surabaya karena letak kantor Kedutaan Korea di Jakarta, tapi berhubung pihak agent meminta saldo minimal tabungan 50jt yang artinya saya ga punya uang di tabungan sebanyak itu jadi lah saya mundur. Pucuk di cinta ulam pun tiba, Citilink tiba-tiba buka promo Surabaya-jakarta PP hanya 110rb rupiah saja !!tanpa pikir panjang saya langsung beli tiket promo tersebut dengan tujuan untuk mengurus visa sendiri.

Selain membawa aplikasi visa milik saya dan kakak, 2 teman saya juga sekalian nitip aplikasi visa nya. Membawa 4 aplikasi visa tentunya agak membuat stress, bolak balik mengecek kelengkapan dokumen masing-masing, bawa dokumen tambahan ini itu karena parno, apalagi saya tipe yang prefeksionis ada kurang dikit aja pasti uda bete dan lebih baik bawa kelengkapan dokumen yang agak berlebihan daripada kurang kan secara jarak Surabaya-Jakarta itu jauh.
Persyaratan untuk aplikasi visa (single) untuk turis pribadi bisa dilihat di website Kedutaan Besar Republik Korea.  Berikut ini dokumen yang saya bawa :
  1. Formulir Permohonan visa (dan foto berwarna terbaru ukuruan 3,5 x 4,5 ditempel di formulir)
  2. Paspor asli dan fotokopi halaman identitas dan cap/stiker visa
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (bawa aslinya juga sekalian kalau bisa)
  4. Surat Keterangan kerja
  5. Bukti keuangan, kalau saya sih melampirkan rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
  6. Copy tiket pesawat PP Korea
  7. Itinerary / rencana perjalanan selama 9 hari di Korea, dibuat singkat-singkat saja dan jangan terlalu banyak kemana-mana padahal aslinya mungkin ke banyak tempat, karena banyaknya tempat yang dikunjungi akan menjadi pertimbangan jumlah tabungan yang perlu kita punya
  8. Bukti Booking hotel, seperti biasa sy booking via booking.com dan memilih yang free cancelation just in case visa gak diapprove atau ganti rencana kita gak kena charge apa-apa
  9. Sebagai tambahan saya juga melampirkan copy KTP dan copy Akte lahir
Semua copy dokumen, saya copy di kertas A4 tanpa dipotong cuma biar kelihatan rapih aja sih. Gak termasuk di persyaratan. FYI, sekarang kantor kedutaan Korea untuk aplikasi visa sudah pindah ke Jl. Gatot Subroto dan untuk memasukkan aplikasi visa dilayani dari jam 8.30 s/d 12.00, sedangkan untuk pengambilan visa dari jam 13.30 s/d 16.30
Tiba di Kantor kedutaan sekitar pukul 9.00, hanya ada sekitar 3-4 orang yang mengantri, ternyata memang untuk aplikasi visa bisa diwakilkan, 1 orang diperbolehkan untuk membawa maksimal 10 aplikasi. Saat di depan loket petugas hanya memeriksa dokumen yang saya bawa tanpa bertanya apapun, mungkin karena dokumen yang saya bawa sudah lengkap. Setelah selesai memeriksa dan saya membayar 300 ribu rupiah per aplikasi, petugas memberi tanda terima dan no.telp yang bisa dihubungi untuk mengecek status aplikasi saya 4 hari kemudian. Plong rasanya sudah beres urusan visa ini, tapi rasa lega tidak berlangsung lama ketika teman sy cerita kalau ada temannya baru saja  aplikasi visa Koreanya ditolak. Jadi ceritanya, mereka apply visa berenam dan hanya 1 yang visanya ditolak. Kemudian saya galau, parno, tidur tak nyenyak, makan pun tak enak *drama :)) , It was the longest 4 days in my life...menunggu terutama menunggu kepastian itu gak enak banget *kemudian curhat
Setelah 5 hari kerja, akhirnya penantian saya terjawab sudah...visa APPROVED !!! legaaaaa...dan ini penampakan visa kami tadaaa...
Visa Korea^^
Visa sudah approved, hotel booked, persoalan selanjutnya adalah...cuti bakal diapprove gakk..jengjenggg :))


5 komentar:

  1. Mba, waktu itu saldo di tabungannya berapa pas urus visa? saya mau urus visa akhir maret ini dan jumlah tabungan saya ga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saldo sy dibawah 30 jt. smoga berhasil urus visanya ;)

      Hapus
  2. Mba, benar pembuatan visa Korea bisa di wakilkan ? Apakah tidak ada wawancara? Karena saya harus kuliah dan ga ada libur di kuliah saya dan pasti ga di kasih izin sama dokter buat ngurus visa. Jd bingung mba takut ga bisa di wakilkan :) tolong penjelasannya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. 1 orang bisa bawa 10 aplikasi. dan tanpa wawancara. smoga lancara urus visanya :)

      Hapus
  3. Mba surat keterangan kerja nya pke english gak? Trs masa berlaku visa korea brp lama sih dr tanggal yg diapprove? Makasih

    BalasHapus